Penyebab Terjadinya Kecelakaan Pesawat

pesawat.jpg
(Foto: wikipedia)
Hal yang paling di takutkan oleh penumpang atau wisatawan saat menggunakan tranportasi udara adalah kecelakaan pesawat. Apa sebenarnya yang membuat terjadinya kecelakaan pesawat ?

Yang belum lama terjadi adalah kecelakaan pesawat Maskapai pernebangan Lion Air yang jatuh di perairan bali saat pesawat ingin mendarat. Untung saja kecelakaan ini tidak menelan korban jika seorangpun.

Pada Kecelakaan Lion Air , Yang menjadi penyebab utamanya adalah "Angin Geser ". Angin geser adalah fenomena angin yang sering terjadi di indonesia yang dimana perubahan arah dan kecepatan angin mendadak berubah.

Faktor alam bukanlah satu satunya penyebab terjadinya kecelakaan, Kesalahan manusia atau human error juga sering terjadi yang menyebabkan pesawat mengalami kecelakaan.

Beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pilot adalah , mabuk , lelah , jam terbang yang rendah sehingga dapat mengakibat terjadinya kecelakaan pesawat. Berdasarkan data yang dimiliki produsen pesawat terbang Boeing, 80 Persen kecelakaan pesawat dikarenakan pilot dan 20 persennya lagi di karena oleh alam dan alat alat yang rusak.

Untuk Mencegah terjadinya Human error , maka ada pedoman pilot yang berlaku di seluruh dunia, misalkan untuk menjadi kapten pilot dibutuhkan jam terbang yang memadai, dan pilot harus mempunyai jam istirahat yang cukup.

Walaupun begitu , Anda tidak perlu takut untuk menggunkan pesawat untuk transportasi utama anda.karena berdasarkan data kecelakan pesawat masih sangat rendah di bandingkan kecelakan tranportasi laut dan darat.

Sumber : BBC
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Ramadi Raurel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger